Rabu, 21 Juni 2017

Dodol Khas Garut

Mengapa dodol bisa tersohor di Garut? Bahkan menjadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Kota Garut?

     Ukuran yang kecil dengan warna coklat pekat yang memiliki rasa manis yang menjadikan setiap gigitan terasa kenyal  dan membuat ketagihan untuk memakannya terus menerus. Itulah dodol Garut yang rasanya memang selalu membuat lidah tidak ingin berhenti mamakannya.  Dodol terbuat dari campuran beras ketan, santan kelapa dan gula pasir.
     Dodol Garut sudah dikenal sejak zaman Belanda, pada zaman itu banyak noni-noni Belanda yang pandai membuat dodol, baik untuk makanan sendiri di rumah maupun untuk dijual. Seiring perkembangan zaman, dodol Garut kini diproduksi secara modern.
Kalo anda berkunjung ke Garut, disetiap sudut pusat penjual oleh-oleh dapat dengan mudah menemukan makanan yang manis ini. Ragam harga dan cita rasa dodol dapat dengan mudah kita temui. Mulai dari kemasan yang sederhana sampai dengan dodol yang dikemas secara menarik. Namun dari sekian banyak merek dodol yang ada dipasaran, namun ada satu yang melegenda dan sangat terkenal dari dulu hingga sekarang yaitu dodol dengan merek picnic. 

      Dodol Picnic diproduksi secara modern oleh PT Herlina Cipta Pratama di sebuah pabrik yang cukup besar di Jl. Pasundan Garut. Dodol ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, tetapi sebagian diekspor ke mancanegara. Sukses yang diraih Dodol Picnic tidak diperoleh dengan mudah begitu saja, namun melalui proses yang sangat panjang dan berkat kegigihan dari para pendirinya yang menjadikan dodol khas Garut ini bisa dikenal sampai sekarang. Usaha ini dirintis oleh H.Iton Damri dan Aam Mawardi pada sekitar tahun 1949. 
     Pada waktu itu, perusahaan masih berskala industri rumah tangga dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 5 orang serta daerah pemasaran terbatas di sekitar kota Garut saja dengan merek dagang halimah, kemudian berganti nama menjadi Fatimah dan Purnama.
     Pada sekitar tahun 1957, atas prakarsa Aam Mawardi (almarhum), perusahaan memperkenalkan merek dagang baru ‘PICNIC’, yang di ambil dari nama sebuah toko di Bandung yang cukup terkenal pada waktu itu. Dalam perkembangan bisnis selanjutnya, merek dagang ‘PICNIC’ kemudian menjadi ‘trade mark’ perusahaan.
     Untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat, sekaligus menjangkau pasar yang lebih luas produknya pun merambah kalangan anak-anak dan remaja. Sejak 2007 PT Herlinah Cipta Pratama meluncurkan varian produk baru dodol khas Garut dengan berbagai aneka rasa diantaranya dodol rasa durian, coklat, coco pandan, susu, Strawberry, blueberry dan berabgai aneka rasa lainnya. Ditunjang pula dengan tampilan kemasa yang menarik menjadikan dodol PICNIC sebagai pilihan oleh-oleh wajib khas Garut. Meski kini telah ada berbagai macam oleh-oleh Khas Garut, namun dodol tetap diminati sebagai oleh-oleh wajib khas Garut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

68 Tahun Dodol PICNIC tetap di hati Masyarakat

Inovasi, Kunci Pengembangan Usaha Nama besar tak kemudian membuat Dodol Picnic menerima istilah inovasi menjadi satu hal yang tab...