Minggu, 18 Juni 2017

Memulai Kebersihan dari Tempat Produksi





Wastafel merupakan bagian kecil dari fasilitas di suatu perusahaan. Tapi aspek kecil ini sangat menentukan kualitas produksi sebuah perusahaan secara keseluruhan. Dari wastafel inilah pekerjaan memproduksi dimulai. Suasana nyaman mulai terasa ketika kita memasuki tempat produksi. Lantai yang bersih dan juga bau yang wangi mulai tercium dari pintu masuk tempat produksi perusahaan. Apalagi ruangan ini mempunyai ukuran yang besar untuk dimasuki banyak orang. Hal ini dimaksudkan agar tempat produksi tersebut bisa cukup banyak untuk menampung karyawan agar leluasa dalam bekerja. Jika boleh dibilang salah satu tempat yang vital di suatu perusahan adalah tempat produksi. Karena tempat produksi yang bersih akan menetukan kualitas produksi yang dihasilkan.


Engkus selaku bagian kebersihan tempat produksi menuturkan bahwa ia sudah mulai bertugas bersih-bersih di sekitar tempat produksi perusahaan sejak pukul 08.00 WIB. Bersih-bersih ini dimulai sebelum karyawan datang untuk memulai pekerjaan, namun setelah memulai produksi pun tetap dilakukan bersih-bersih agar tempat produksi tetap terjaga kebersihannya. Baginya, tugas bersih-bersih tak hanya sekadar menjalankan perintah pimpinan, tapi lebih dari itu juga mengamalkan ajaran agama. Bahkan dia pun memahami, bahwa Islam mengajarkan, kebersihan adalah sebagian dari iman. Menurutnya terdapat standar kebersihan yang diterapkan pihak perusahaan dan pimpinannya. Standar itu selalu dilaksanakan sesuai ketentuan dengan disiplin. Tak boleh lengah atau kurang. Sebab, ada tanggung jawab lebih di pundak para petugas kebersihan ini.
Tak lain dalam sebuah perusahaan yang terdiri dari kumpulan banyak orang. Aspek terkecil seperti wastafel akan menentukan pada bidang lainnya, misalnya pada pengunjung yang datang ke perusahaan yang ingin melihat proses produksi secara langsung. Semakin baik dan bersih tempat produksi di perusahaan maka kepercayaan pengunjung dan konsumen semakin meningkat sehingga menimbulkan daya tarik untuk membeli produk yang mana akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh karyawan PT Herlinah Cipta Pratama sangat penting untuk menjaga kebersihan, tak hanya untuk lingkungan semata, tapi juga untuk ibadah.
Iman yang secara bahasa berarti percaya atau rasa kepercayaan juga tepat dalam konteks kebersihan. Tempat produksi yang bersih akan menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga produk berkualitas tersebut akan menjamin kesehatan konsumen yang akan menjamin keberadaan perusahaan untuk tetap menjadi pilihan konsumen dalam memilih produk yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

68 Tahun Dodol PICNIC tetap di hati Masyarakat

Inovasi, Kunci Pengembangan Usaha Nama besar tak kemudian membuat Dodol Picnic menerima istilah inovasi menjadi satu hal yang tab...