(Alm) H. Iton Damiri dan H. Ato Hermanto |
Sejak lama, Garut terkenal sebagai penghasil makanan dodol yang memiliki
cita rasa yang khas, produk tersebut banyak digemari masyarakat luas.
Potensi inilah yang mendorong H. Iton Damiri pada tahun 1949 merintis
pembuatan usaha Dodol Garut. Pada waktu itu perusahaan masih berskala
rumah tangga dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 5 orang dan daerah
pemasarannya terbatas sekitar kota Garut saja dan merek yang
dikerluarkan "HALIMAH". Pada tahun 1950 mengeluarkan merek baru
"FATIMAH". Pada tahun 1954 pabrik yang semula di Jalan Gunung Payung No.
21 pindah ke Jalan Ciledug No. 195. Pada tahun 1955 perusahaan terus
melakukan perbaikan, pengembangan produk dan kemasan yanglebih baik
serta perluasan pemasaran yang meliputi kota-kota besar di Pulau Jawa.
(Alm) Aam Mawardi |
Perusahaan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga pada
tahun 1957, Bapak H. Iton Damiri mengajak adiknya Bapak Aam Mawardi
untuk bergabung. Pada tahun tersebut nama perusahaan yang dipakai adalah
"HERLINAH" yang diambil dari salah satu nama keluarganya. Atas prakarsa
Bapak Aam Mawardi merek dagang Purnama dan Halimah diganti dengan merek
PICNIC.
Merek dagang PICNIC selanjutnya didaftarkan ke Direktorat
Patent pada tanggal 14 Juli 1959 dengan nomor registrasi 67595. Kemasan
terbaru dodol terbuat dari kertas duplek dengan variasi kemasan 200gr,
5oogr dan 1000gr. Kemasan dus tersebut mempunyai dasar warna putih
dengan strip biru disertai gambar buah-buahan sebagai background
kemasan. Penggunaan gambar tersebut karena pada masa itu buah-buahan
biasa ditambahkan sebagai penambah cita rasa dodol PICNIC.
Pada
tahun 1969, pemasaran PICNIC mulai mencapai daerah-daerah diluar Jawa.
Kemajuan ini menyebabkan perusahaan lain berlomba-lomba mengikuti jejak
PICNIC memproduksi dodol sehingga timbul persaingan tidak sehat terlebih
diantara para pengusaha terkait tersebut menggunakan kemasan yang
hampir sama.
DODOL GARUT PICNIC adalah makanan Khas Garut Jawa Barat Indonesia telah terkenal kelezatannya sehingga sangat cocok untuk dinikmati, mempunyai cita rasa yang khas dan cocok sebagai oleh-oleh. Kekhasannya, kelezatan dan kualitasnya sangat disukai oleh konsumen domestic maupun mancanegara sehingga DODOL PICNIC GARUT merupakan produk tradisional potensial dan mempunyai nilai jual tinggi.
DODOL GARUT PICNIC adalah makanan Khas Garut Jawa Barat Indonesia telah terkenal kelezatannya sehingga sangat cocok untuk dinikmati, mempunyai cita rasa yang khas dan cocok sebagai oleh-oleh. Kekhasannya, kelezatan dan kualitasnya sangat disukai oleh konsumen domestic maupun mancanegara sehingga DODOL PICNIC GARUT merupakan produk tradisional potensial dan mempunyai nilai jual tinggi.
Produk
DODOL GARUT PICNICmerupakan makanan tradisional yang terus dikembangkan
dari waktu ke waktu melalui pengolahan yang higienis, pengawasan yang
ketat dan terbuat dari bahan-bahan alami pilihan (tanpa bahan pengawet)
sehingga tidak diragukan lagi mutunya, dijamin keasliannya, lezat dan
bergizi.
Pada tahun 1972 perusahaan didaftarkan ke PANITIA
HIGIENIS MAKANAN DEPARTEMEN KESEHATAN RI dengan NOMOR REGISTRASI MD
2010250. Pada tahun berkenaan Bp. Aam Mawardi meninggal dunia, sehingga
adiknya yaitu Bp. H. Muksin diperbantukan sebagai penanggungjawab
pelaksana. Pada tahun 1973 perusahaan melakukan desain ulang kemasan
untuk menghindari terjadinya pemalsuan akibat adanya persaingan tidak
sehat. Desain diganti berwarna merah bit dengan background kemasan
bergambar buah-buahan.
Pada tahun 1979 terjadinya kemajuan pesat
pada perusahaan, sehingga mendorong untuk mendirikan pabrik yang
relative lebih besar supaya dapat meningkatkan produksinya. Tahun 1979
pabrik yang relative lebih besar itu didirikan dengan luas kira-kira
5000m2, yang berlokasi di Jalan Pasundan No. 102. Tujuan pendirian
pabrik yang besar adalah untuk meningkatkan kapasitas produksi dan
meningkatkan kemajuan perusahaan. Pada tahun 1986, status perusahaan
perseorangan diubah menjadi perusahaan berbadan hukum "Perseroan
Terbatas" dengan nama perusahaan "PT. HERLINAH CIPTA PRATAMA"
Sejak
tahun 2000 terjadi regenerasi kepemimpinan diperusahaan dimana H. Ato
Hermanto dipercaya menjadi Direktur perusahaan. Sejak saat itu
perusahaan melakukan berbagai upaya perbaikan, penyempurnaan dan
pengembangan dalam berbagai bidang diperusahaan meliputi : manajemen,
produksi, pengembangan produk, pemasaran, administrasi, SDM dan
diversifikasi produk aneka Dodol Garut. HIngga saat ini perusahaan sudah
mampu menyerap tenaga kerja 230 orang dengan klasifikasi pendidikan dan
keahlian. Kapasitas produksi berkisar 4-6 ton per hari denga cakupan
pemasaran meliputi seluruh wilayah kota besar di Indonesia.
Dalam
kurun waktu 57 tahun bergerak di bidang industri Dodol Garut Picnic
banyak berprestasi dan penghargaan yang pernah diraih oleh PT. HERLINAH
CIPTA PRATAMA diantaranya : Penghargaan UPAKARTI tahun 1990, Penghargaan
SIDDHAKARYA dibidang produktivitas tahun 1995, Penghargaan PARAMAKARYA
dibidang produktivitas tahun 1996, Penghargaan Indonesia Development
Citra Award 1998-1999 dan Asian Best Economic Executive Award tahun
2004. Dengan berbagai prestasi yang diraih dan kiprah yang dilaksanakan
serta manajemen yang professional maka PT. Herlinah Cipta Pratama akan
terus maju, berkembang dan berkelanjutan.
Visi, Misi, dan Strategi Perusahaan
Visi
Mewujudkan
perusahaan yang berkembang, credible dan profitable yang dikelola
secara sehat dan professional melalui pengembangan sumber daya manusia
yang tangguh dan mandiri.
Misi
- Memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan,
- Memberikan keuntungan yang proporsional.
- Menciptakan hubungan yang harmonis dengan seluruh pemegang saham perusahaan.
- Menciptakan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan melalui pengembangan usaha, efisiensi dan produktifitas kerja.
Strategi 5-P
- P-1 Pemetaan semua kegiatan usaha
- P-2 Penataan dalam menjalankan program disemua bagian.
- P-3 Pelayanan terhadap konsumen internal dan eksternal.
- P-4 Pengembangan/Diversifikasi produk.
- P-5 Promosi secara efektif dan efisien.
Penerapan
visi, misi dan strategi perusahaan dilandasi oleh 3 prinsip utama
manajemen yang diterapkan melaui pengelolaan manajemen kekeluargaan dan
pengabdian menuju ke arah professional. Prinsip-prinsip tersebut adalah:
- Mawas Diri
- Tahu Diri
- Harga Diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar